Ujian Dinas

Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat

Unit Kerja Eselon III  :           Bidang Pengembangan Aparatur

Unit Kerja Eselon IV  :           Sub Bidang Pengembangan Kompetensi

Nama Layanan           :           Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP)

Dasar Hukum:        

  1. Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS;
  2. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 76 tahun 2009 tentang Pedoman Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat dan Pemakaian Gelar Kesarjanaan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat;                   
  3. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 8641/Kep.1308/BKD/2009 tentang Pembentukan Panitia Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat;                                  
  4. Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 2 tahun 2009 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 27 tahun 2016 tentang Pedoman Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat
  5. Peraturan Bupati Garut Nomor 269 tahun 2010 tentang Pedoman Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah dan Pemakaian Gelar Kesarjanaan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Garut

Persyaratan :

  1. Surat Usulan
  2. Surat Pengantar SKPD
  3. Surat Keterangan Bebas Hukuman Disiplin
  4. Riwayat Pendidikan
  5. SK CPNS
  6. SK Pangkat
  7. SKP

Prosedur :

  1. Pelaksana membuat draf surat pemberitahuan pendaftaran Ujian Dinas (Udin) dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (UPKP), lalu diserahkan kepada Kepala Sub Bidang
  2. Kepala Sub Bidang memeriksa draf surat pemberitahuan pendaftaran Udin dan UPKP, jika belum sesuai dikembalikan kepada pelaksana, jika sudah sesuai di paraf dan diserahkan pada Kabid
  3. Kepala Bidang memeriksa draf surat pemberitahuan pendaftaran Udin UPKP, jika belum sesuai dikembalikan kepada Kasubbid, jika sudah sesuai di paraf dan diserahkan pada Sekretaris Badan
  4. Sekretaris Badan memeriksa draf surat pemberitahuan pendaftaran Udin UPKP, jika belum sesuai dikembalikan kepada Kabid, jika sudah sesuai di paraf dan diserahkan pada Kepala Badan
  5. Kepala Badan memeriksa draf surat pemberitahuan pendaftaran Udin UPKP, jika belum sesuai dikembalikan kepada Sekretaris Badan, jika sudah sesuai ditandatangani
  6. Kepala Badan menyerahkan surat pemberitahuan pendaftaran Udin UPKP yang telah ditandatangani kepada Kepala Bidang melalui Sekretaris Badan untuk ditindaklanjuti
  7. Kepala Bidang menerima surat pemberitahuan pendaftaran Udin UPKP yang telah ditandatangani dari Kepala Badan melalui Sekretaris Badan, dan diserahkan kepada Kepala Sub Bidang untuk ditindaklanjuti
  8. Kepala Sub Bidang menerima surat pemberitahuan pendaftaran Udin UPKP yang telah ditandatangani dari Kepala Bidang, dan diserahkan kepada pelaksana untuk disebarkan pada seluruh SKPD
  9. Pelaksana menerima ajuan peserta Udin dan UPKP dari SKPD dan meneliti kelengkapan berkas persyaratan yang diajukan melalui SIMASN untuk dilakukan perekapan daftar nominatif
  10. Pelaksana membuat draf surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang memenuhi syarat, lalu disampaikan kepada Kepala Sub Bidang
  11. Kepala Sub Bidang meneliti draf surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang memenuhi syarat untuk disampaikan kepada Kepala Bidang, jika belum sesuai dikembalikan ke Pelaksana untuk diperbaiki, jika sesuai di paraf dan diserahkan ke Kepala Bidang
  12. Kepala Bidang meneliti draf surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang memenuhi syarat untuk disampaikan kepada Sekretaris Badan, jika belum sesuai dikembalikan ke Kepala Sub Bidang untuk diperbaiki, jika sesuai di paraf dan diserahkan ke Sekretaris Badan untuk di paraf
  13. Sekretaris Badan meneliti draf surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang memenuhi syarat, lalu disampaikan kepada Kepala Badan, jika belum sesuai dikembalikan ke Kepala Bidang, jika sesuai di paraf dan diserahkan ke Kepala Badan untuk di tanda tangani
  14. Kepala Badan menerima draf surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang memenuhi syarat, jika belum sesuai dikembalikan ke Sekretaris Badan, jika sesuai di tanda tangani, lalu diserahkan kembali kepada Sekretaris Badan untuk ditindaklanjuti Kepala Bidang
  15. Sekretaris Badan menerima surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang telah ditandatangani, diserahkan ke Kepala Bidang untuk ditindaklanjuti
  16. Kepala Bidang menerima surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang telah ditandatangani, diserahkan ke Kepala Sub Bidang untuk ditindaklanjuti
  17. Kepala Sub Bidang menerima surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta yang telah ditandatangani, diserahkan ke pelaksana untuk ditindaklanjuti
  18. Pelaksana menerima surat undangan kepada SKPD sesuai daftar nominatif peserta Udin UPKP yang telah ditandatangani melalui Kepala Sub Bidang, dan menyebarkan surat undangan ke tiap SKPD melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian dalam rangka persiapan pelaksanaan Udin dan UPKP (membahas teknis, pelaksanaan, dan pemberian kartu peserta)
  19. Pelaksana membantu Kasubbid melaksanakan kegiatan rapat persiapan pelaksanaan Udin UPKP
  20. Pelaksana membantu Kasubbid memfasilitasi pihak kedua dalam kegiatan bimbingan teknis peserta Udin UPKP
  21. Pelaksana membantu Kasubbid memfasilitasi pihak kedua dalam kegiatan Ujian Dinas dan Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat
  22. Pelaksana menerima hasil dan membuat draf Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP) berdasarkan hasil Udin UPKP yang telah dilaksanakan oleh pihak kedua, lalu disampaikan kepada Kepala Sub Bidang
  23. Kepala Sub Bidang meneliti draf Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP) untuk disampaikan kepada Kepala Bidang, jika belum sesuai dikembalikan ke Pelaksana untuk diperbaiki, jika sesuai di paraf dan diserahkan ke Kepala Bidang
  24. Kepala Bidang meneliti draf Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP) untuk disampaikan kepada Sekretaris Badan, jika belum sesuai dikembalikan ke Kepala Sub Bidang untuk diperbaiki, jika sesuai di paraf dan diserahkan ke Sekretaris Badan untuk di paraf
  25. Sekretaris Badan meneliti draf Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP), lalu disampaikan kepada Kepala Badan, jika belum sesuai dikembalikan ke Kepala Bidang, jika sesuai di paraf dan diserahkan ke Kepala Badan untuk di tanda tangani
  26. Kepala Badan menerima draf Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP), jika belum sesuai dikembalikan ke Sekretaris Badan, jika sesuai di tanda tangani, lalu diserahkan kembali kepada Sekretaris Badan untuk ditindaklanjuti Kepala Bidang
  27. Sekretaris Badan menerima Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP) yang telah ditandatangani, diserahkan ke Kepala Bidang untuk ditindaklanjuti
  28. Kepala Bidang menerima Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP) yang telah ditandatangani, diserahkan ke Kepala Sub Bidang untuk ditindaklanjuti
  29. Kepala Sub Bidang menerima Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP) yang telah ditandatangani, diserahkan ke pelaksana untuk ditindaklanjuti
  30. Pelaksana membantu Kasubbid membagikan STLUD dan STLUPKP kepada peserta yang lulus melalui Kasubbag Umum dan Kepegawaian masing-masing SKPD
  31. Peserta Udin dan UPKP yang lolos menerima STLUD dan STLUPKP

Produk Layanan / Hasil Akhir :

Surat Tanda Lulus Ujian Dinas (STLUD) dan Surat Tanda Lulus Ujian Penyesuaian Kenaikan Pangkat (STLUPKP)